Rabu, 24 November 2010

bahaya radiasi alat elektronik

Telepon Genggam

Hingga Komputer

Peralatan teknologi canggih apa yang sering kamu gunakan? Sebut saja telepon genggam (telepon selular), computer, televisi, dan video games.

Alat-alat tersebut sangat membantu, tetapi bila digunakan secara berlebihan berakibat buruk. Kita boleh menggunakan semua peralatan tersebut asal berhati-hati demi kesehatan.

AWAS RADIASI

Dulu, ketika telepon genggam belum digunakan secara umum, untuk menelepon kita hanya bisa menggunakan telepon rumah, menelepon dari warung telepon, atau di telepon umum. Namun sekarang dengan telepon genggam, kita bisa menelepon dari mana saja.

Bahkan, seolah-olah tidak gaul bila tidak mempunyai telepon genggam. Bila dulu telepon hanya digunakan untuk berkomunikasi, kini kegunaan telepon genggam sangat beragam.

Selain untuk berkomunikasi, telepon genggam bisa untuk berinternet, bisa untuk Twitter dan Facebook, bermain game atau chatting.

Karena itu kita menjadi sangat bergantung pada telepon genggam. Begitu besarnya ketergantungan kita, bahkan saat tidur pun telepon genggam ada di dekat kita. Kadang ke kamar mandi pun kita bawa.

Ada sisi positif, tentu ada sisi positifnya menggunakan telepon genggam. Bila terlalu asyik ber-telepon, sms-an, e-mail, atau berfacebook dan twitter kita bisa lupa tugas dan tanggung jawab, mengerjakan PR misalnya.

Selain itu telepon genggam juga berdampak buruk bagi kesehatan jika digunakan secara berlebihan. Perlu teman-teman ketahui, dalam keadaan menyala, telepon genggam memancarkan radiasi. Menurut professor Leif Salford, seorang peneliti masalah telepon genggam terhadap kesehatan, radiasi telepon genggam dapat menyebabkan kemampuan berfikir dan daya ingat kita menurun.

Cara mengurangi radiasi telepon genggam :

1. Gunakan telepon genggam sesingkat mungkin. Bicarakan yang penting saja.

2. Jika ingin bicara cukup lama gunakan telepon biassa.

3. Sebaiknya gunakan speaker atau handfree saat bicara, daripada mendekatkan telepon ke telinga.

4. Jika kamu tidak punya handsfree, tunggu sampai panggilan terjawab, baru taruh telepon gengam di telinga.

5. Sebisa mungkin jauhkan telepon genggam dari tubuh. Jadi, kalau kita tidur kita tidak perlu membawa telepon genggam ke tempat tidur. Paling aman, letakan jauh dari tempat tidur atau di matikan saja.

KOMPUTER

Alat elektronik yang satu ini bukan benda yang asing bagi kita. Hampir semua dari kita biasa menggunakan computer. Yang di maksud computer bisa computer biasa (personal computer/PC) atau computer yang biasa di bawa-bawa seperti notebook dan laptop.

Dengan computer kita lebih mudah mengerjakan karya tulis dan tugas dari sekolah. Bahkan dengan adanya jaringan internet, computer jadi sering digunakan.

Misalnnya untuk mencari informasi, belajar, menulis e-mail, chatting, dan berkawan di jejaring social dan main game online. Tak heran computer menjadi salah satu benda kesayangan kita.

Begitu senangnya memakai computer untuk berinternet, kita tidak sadar telah menggunakanya secara berlebihan. Kita chatting, email, dan online di jejaring social selama berjam-jam sampai lupa mandi, makan dan belajar. Bila tidak segera di sadari semangat belajar pun terganggu hingga prestasi di sekolah pun menurun.

Seperti alat elektronika lainya, computer juga memancarkan radiasi. Yang berasal dari layar monitor computer itu dapat menggangu kesehatan kita khususnya mata.

Cara Aman Menggunakan Komputer :

1. Gunakan filter(pelindung) pada layar computer untuk mengurangi radiasi.

2. Saat menggunakan computer, beri jarak antara pandangan mata dan monitor, minimal 30-45 cm.

3. Atur tinggi layar computer sehingga sejajar dengan pandangan mata. Posisi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan leher sakit.

4. Atur pencahayaan monitor (brightness) agar kita nyaman menatap monitor. Hindari pencahayaan yang terlalu terang karna membuat mata silau. Jangan pula terlalu buram karna mata juga harus bekerja keras untuk focus melihat.

5. Gunakan lampu yang cukup terang, tetapi tidak menyilaukan. Ruangan tempat kita menggunakan computer pun harus cukup cahaya.

6. Biasakan mengistirahatkan mata setelah sekitar sejam di depan computer. Lihatlah kea rah lain, selain itu, berkediplah agar mata mengeluarkan air mata. Dengan begitu mata akan tetap lembab dan jernih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar