Rabu, 27 Oktober 2010

MODERNISASI

MODERNISASI

Artikata moderinisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa latin (modernus) yang d bentuk dari kata modo dan ernus. Modo brarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Moderenisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Jadi modernisasi merupakan suatu proses perubahan sosial dimana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern.
Menurut J.W. Schoorl, moderenisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Aspek yang paling menonjol dalam proses moderenisasi adalah perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tinggi. Contohnya, perkembangan teknologi pertanian yang awalnya menggunakan tenaga hewan berkembang ke arah yang lebih maju dengan munculnya penemuan teknologi traktor.

Menurut pendapat para ahli sosiologi tentang pengertian modernisasi. Di antaranya adalah sebagai berikut : 1. Menurut Wibert E. Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara barat yang telah stabil.
2. Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang.
3. Menurut Soerjono soekanto, moderinisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perncanaan (social planning).
4. Menurut Astrid S. Sussanto, moderenisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan dan kemajuan.
5. Menurut Ogburn dan Nimkoff, moderenisasi adalah suatu usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan yang nyata dan bukan pada angan-angan semu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar